CANDI PRAMBANAN



Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia dan mungkin terbesar di Asia Tenggara. Nama lain dari Candi Prambanan yaitu Candi Roro jonggrang. Candi Prambanan dibangun pada abad ke 10 oleh wangsa sanjaya. Candi Prambanan ini memiliki ketinggian sekitar 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur. Candi ini terletak 17 km dari pusat kota Yogyakarta dan bangunan ini merupakan cagar budaya dunia yang telah diakui oleh UNESCO.


Candi Prambanan memiliki cerita legenda yang sangat terkenal yaitu menceritakan seorang lelaki yang bernama Bandung Bondowoso yang mencintai seorang putri yang bernama Roro Jonggrang. Tetapi Roro Jonggrang sebaliknya tidak mencintai Bandung Bondowoso dan dia tidak mampu menolak cinta dari Bandung Bondowoso sehingga dia memberikan syarat kepada Bandung Bondowos yaitu membangun seribu candi/arca dalam tempo satu malam. Permintaan Roro Jonggrang itupun sanggup dipenuhi oleh Bandung Bondowoso dan hal itupun hampir terwujud yaitu membangun candi dalam waktu satu malam sebelum akhirnya Roro Jonggrang meminta bantuan warga agar menumbuk padi supaya memancing ayam agar berkoko dan membuat api besar sehingga seolah-olah seperti sudah pagi. Karena merasa dicurangi oleh Roro Jonggrang kemudian mengutuk nya menjadi sebuah arca yang sebelumnya Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 candi atau arca.



Candi Prambanan mempunyai tiga candi utama antara lain candi wisnu, candi brahma, dan candi siwa, ketiga candi tersebut merupakn lambang Trimurti menurut kepercayaan agama Hindhu. Dari masing-masing candi tersebut memiliki satu candi pendamping diantaranya candi garuda yang mendampingi candi wisnu, candi angsa yang mendampingi candi brahma, dan candi nandini yang mendampingi candi siwa. Disamping candi utama dan candi pendamping tadi masih terdapat  2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candu sudut, dan pada halaman kedua terdapat 224 candi.Relif yang terdapat pada pahatan dinding candi menceritakan kisah Ramayana yang sangat terkenal.


Hal yang menarik dan wajib dikunjungi dari Candi Prambanan adalah Pementasan Sendratari Ramayana yang biasanya diselenggarakan setiap bulan pada bulan purnama. Lokasi Candi Prambanan terletak di desa prambanan, dan terletak di tepi jalan Yogyakarta-Solo yang mudah untuk dijangkau.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment