Gunung Kecil Sejuta Keindahan Yang Tersembunyi di Banjarnegara

Repost Instagram @racerman_cb

Gunung Tampomas berada di Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Indonesia. Belum banyak orang yang tau keberadaan Gunung ini, Gunung Tampomas memiliki luas yang hamper sama dengan 3 Lapangan Sepak Bola, karena Gunung Tampomas yang luas gunung ini terdapat di 4 Dusun yang berbeda yaitu Sebelah utara Gunung Tampomas berada di Dusun Mendingin, sebelah barat Dusun Siteki, sebelah selatan Dusun Karang Jambu dan Dusun Siberut.

Jarak yang dapat ditempuh dari pusat kota yaitu sekitar 5 Km, setelah sampai di Pasar Pucang menuju ke selatan menuju Desa Masaran,  Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Sesampainya di Desa Masaran terus ke selatan, di sekitar jalan akan ditemukan palang yang bertuliskan Gunung Tampomas. Selama perjalanan Pengunjung akan menemui Truk-truk besar pengangkut pasir putih dan batuan hasil pertambangan Gunung Tampomas.

Repost Instagram @hay_hans
Gunung Tampomas sebenarnya adalah pertambangan batu yang dulunya sebuah gunung utuh berupa Gunung Wadon dan Gunung Lanang yang dipindahkan -+10 Km dengan alat berat dan bom yang kemudian digunakan untuk membendung Bendungan Panglima Jendral Soedirman � Waduk Mrica, konon ceritanya ketika di bongkar ada gundukan mas sebanyak satu tompo (Besek), tapi ada yang cerita tidak ada masnya (tanpa mas / tanmpomas).
Repost Instagram @hay_hans
Karena bekas pertambangan itulah kini Gunung Tampomas terdapat lubang � lubang dan batuan yang kini menjadi sebuah danau kecil di atas Gunung Tampomas tersebut. Batuan di Gunung Tampomas memiliki warna abu-abu, berjenis Holokristalin karna 80% lebih terdiri dari kristak-kristal , bentuk kristal Subhedral, bentuk butir Inekuigranular, dengan massa dasar Kristal, tekstur Fanerik, Struktur Massif. Serta berkomposisi Mineral, Plaioklas, Hornblend, Kuarsa dan Klorit, bersifat Magnetit, merupakan batuan beku Intermediet, jadi dapat disimpulkan yaitu Batuan Beku Andesit.

Repost Instagram @frizkaagustian

Karena keindahan batuan-batuan inilah Gunung Tampomas kini berupaya untuk menjadikannya sebagai Objek Wisata, masyarakat disanapun berusaha membenahi Gunung Tampomas berupa Infra Struktur dan Sarana. Untuk mencapai sanapun kini sudah mudah berupa jalan aspal yang memudahkan kendaraan naik ke Gunung Tampomas.

Repost Instagram @esa_rama_ast
Pemandangan yang indah, desiran angin yang sejuk, tebing-tebing tinggi yang eksotis, dan danau yang tenang akan menambah rasa nyaman pengunjung. Tebing-tebing di Gunung Tampomas sering dijadikan arena panjat tebing oleh para pencita olahraga panjat tebing. Selain itu para pecinta mancing juga dapat menjajal mengasah keahliannya dengan memancing di Danau kecil yang ada di Gunung Tampomas.

Penasaran? Ayo datang ke Banjarnegara dan nikmati EksotismeBebatuan Gunung Tampomas Banjarnegara sembari berpetualang ajak serta teman, keluarga dan kerabat. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara
Previous
Next Post »
Thanks for your comment