10 Sungai Terindah di Indonesia

1. Sungai Kapuas
Sungai yang berada di pulau kalimantan dan mengalir dari pegunungan muller hingga berakhir di muara sungai di selat karimata ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjangnya yang mencapai 1178 km. Sungai ini menjadi sumber mata pencaharian bagi nelayan yang menangkap ikan di sungai ini.

Setiap hari kemerdekaan Republik Indonesia, di sungai ini dijadikan wisata karena biasanya selalu diadakn lomba perahu hias. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan sungai ini dengan menaiki kapal wisata yan tersedia.

2. Sungai Biskori
Sungai ini terdapat di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Timur, Kendari, Sulawesi Tenggara. Sungai ini memiliki keunikan, terdapat air terjun tujuh tingkat yang membuatnya begitu indah. Air terjun bertingkat ini disebut sebagai Air Terjun Moramo. Air terjun ini memiliki tinggi 100 meter. Jika Anda penasaran, Anda bisa segera mengunjungi lokasinya.





3. Sungai Bawah Tanah Goa Pindul
Sungai ini terdapat di Dusun Gelara, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Sungai ini berada di Goa Pindul dan berada di bawah tanah. Sungai ini memang tergolong kecil dan pendek. Panjangnya hanya 300 meter lebarnya pun 5 meter.
Namun, pemandangan di sekitarnya sangat indah. Dari bawah Anda bisa melihat lubang besar yang menyambungkan Anda pada daerah luar. Anda bisa berenang di dalam sungai karena sungai itu cukup dangkal. Karena berada di bawah tanah, sungai itu juga tampak jernih. Anda akan mendapatkan pengalaman menakjubkan di sana.
4. Sungai Tamborasi
Sungai ini berlokasi di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sungai ini dikatakan sebagai sungai terpendek di dunia karena hanya memiliki panjang 20 meter saja. Namun sungai ini dikelilingi hutan hijau sehingga membuatnya sangat indah. Karen itu sungai ini memiliki hulu dan hilir yang berdekatan, Anda bisa melihat laut yang berdekatan dengan sungai ini.
Pemandangan di hulu sungai juga tidak kalah indah karena mata airnya keluar dari bukit kapur yang ada di sana.
5. Sungai Kampar
Sungai ini berada di Desa Teluk Meranti, Pekanbaru, Riau. Sungai ini cukup unik karena Anda bisa melakukan surfing di sini. Memang sungai ini tidak terlalu panjang, namun memiliki ombak hingga mencapai 7 hingga 10 meter. Penduduk sekitar menyebut ombak yang ada di sungai itu sebagai Bono. Maka dari itu tidaklah heran jika sungai ini selalu ramai oleh para peselancar.



6. Sungai Cisolok
Sungai Cisolok berada di lokasi wisata air panas Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Sungai ini unik karena di tengah-tengah sungai, air panas menyembur deras dengan suhu 80 derajat celcius. Semburan air panas muncul dari dalam tanah. Air panas tersebut memancar keluar dengan tekanan yang cukup tinggi dan berada di tengah-tengah sungai. Sungai ini memiliki tiga titik semburan. Semua semburan berasal dari geyser, air panas yang melewati lapisan kerak bumi.



7. Sungai Musi
Sungai Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera SelatanIndonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.



8. Sungai Ayung
Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Bali. Sungai ini mengalir sepanjang 62,5 km dan bermuara di Selat Badung di Sanur. Sungai ini terkenal sebagi lokasi rafting di Bali.






9. Sungai  Cijulang (green canyon )
Sungai cijulang atau yang dikenal dengan Green Canyon ini  memiliki nama asli Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah berada di desa Kertayasa, Cijulang, propinsi Jawa Barat.  Sungai ini bisa dibilang sebagai Green Canyonnya Indonesia, memang keindahannya juga tak kalah dengan yang diluar negri.  

Sungai Cijulang berada diantara rimbunnya pepohonan serta diapit oleh dua bukit. Air sungai ini cukup jernih yang berwarna hijau, pengunjung tetap bisa berenang disungai sambil menikmati  keindahan sekitar secara langsung dan juga dapat menyusuri sungai dengan naik perahu yang tersedia.
10. Sungai Maron 
Menikmati keindahan Sungai maron yang ada di desa Dersono, Pringkuku Kabupaten Pacitan ini layaknya berpetualang menyusuri sungai amazon.  Jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke Brazil karena di Pacitan pun ada sungai amazonnya Indonesia yang sangat indah.  

sungai yang airnya sangat jernih  ini akan bermuara pada pantai Ngiroboyo, anda pun bisa menyusurinya sambil menikmati keindahan yang ada disepanjang perjalanan seperti  hewan-hewan, irama kicauan burung, pohon yang rapat seperti di amazon, dll. Sampai di pantai dimana air sungai tersebut bermuara anda akan disuguhi  pantai yang sangat unik yaitu pantai dengan pasir yang berwarna hitam serta keindahan lainnya.

Sumber : 1. http://news.lewatmana.com/ 2. http://hidupsehatkangmaman.blogspot.co.id/ 3. id.wikipedia.org
Previous
Next Post »
Thanks for your comment