Buntil Lumbu dan Buntil Ceklacikli, Banjarnegara



Repost Instagram @ristiaafifi

Buntil Lumbu, Buntil sering dikenal sebagai lauk yang biasa dijajakan di pasar maupun ditawarkan di jalan-jalan oleh pedagang kaki lima. Sedangkan Lumbu adalah Daun Talas dalam bahasa jawa. Jadi Buntil Lumbu adalah makanan sebagai lauk pauk yang dibungkus dengan daun talas (Lumbu) dan diberi sedikit cairan pedas yang terbuat dari santan, Isinya adalah parutan kelapa yang diberi bumbu.

Buntil Lumbu adalah kuliner khas dari Negeri Di Atas Awan atau yang orang sering sebut dengan Dataran Tinggi Dieng, Dieng termasuk dalam 2 kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Buntil Lumbu akan mudah ditemukan di Banjarnegara terutama di Dataran Tinggi Dieng. Buntil Lumbu sudah sangat terkenal terutama di Banjarnegara dan Jawa Tengah.

Buntil Lumbu memiliki rasa yang  pedas bercampur gurih sehingga ketika sampai dilidah siapa saja yang merasakannya akan merasa enak yang tidak dapat diungkapkan, apalagi bagi pecinta kuliner yang baru merasakan Buntil Lumbu yang pertama kalinya.

Selain Buntil Lumbu, Banjarnegara juga memiliki Makanan Buntil Ceklacikli yang dijual di Alun � Alun Banjarnegara. Perbedaan Buntil CeklaCikli dengan Buntil Lumbu adalah daun untuk membungkusnya jika Daun Lumbu dibungkus dengan Daun Talas maka Buntil Ceklacikli dibungkus dengan Daun Ceklacikli, namun rasa kedua kuliner ini sama-sama memiliki rasa yang enak dan membuat ketagihan penikmatnya.

Penasaran ? Ayo datang ke Banjarnegara dan rasakan Kuliner BuntilLumbu dan Buntil Ceklacikli, Banjarnegara. Ajak serta teman, keluarga, dan kerabat. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara
Previous
Next Post »
Thanks for your comment