Liburan di Negeri Para Dewa, Dataran Tinggi Dieng

Repost Instagram @ayukesumasakti

Dieng adalah dataran tinggi yang berada di wilayah dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata Dataran Tinggi Dieng dikenal dimana-mana tidak hanya Wisatawan dalam negeri namun dari mancanegara berbondong-bondong mendatangi Negeri Para Dewaini.


Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif hingga saat ini, namun Dieng memiliki sejuta keindahan yang wajib dikunjungi seperti kawah-kawah, tempat tinggi yang indah untuk memandangi alam sekitar, telaga yang membentang luas, Candi, dan banyak lagi. Butuh lebih dari satu hari untuk menikmati semua wisata di Dieng.

Berikut ini wisata yang wajib dikunjungi bila datang ke Banjarnegara terutama dataran tinggi Dieng :


  • Telaga Warna Dieng
Repost Instagram @tedyaf1

Telaga Warna Dieng menjadi tempat yang sering didatangi pengunjung ketika datang ke dataran tinggi Dieng, yang menjadi keunikan Telaga Warna Dieng dari pada telaga lainnya yang berada di Dieng adalah warna  permukaan telaga yang dapat berubah sewaktu-waktu dengan dominasi warna hijau, biru, dan putih.

Di daerah Telaga Warna Dieng juga terdapat Goa yang masih alami seperti Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran dan masih banyak lagi, disamping Telaga Warna Dieng juga terdapat telaga yaitu Telaga Pengilon.

  • Kawah Sikidang Dieng
Repost Instagram @jose.ambarita

Tempat yang menjadi salah satu favorit para pengunjung yang datang di dataran tinggi Dieng ini memiliki luas 200 m2 dan berada di tempat datar. Kawah Sikidang memiliki kadar belerang yang tinggi dan sangat panas sehingga para pengunjung dapat merebus telur disana. 

Para pengunjung diharapkan berhati-hati ketika datang kesana karena berbahaya dan jangan melewati batas pagar yang telah dibuat oleh pihak pengelola Wisata Dieng.

  • Golden Sunrise Sikunir
Repost Instagram @angelaputri20

Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati Negeri Para Dewa dari ketinggian, selain itu Bukit Sikunir menjadi tempat setrategis untuk menikmati indahnya matahari terbit. Tempat ini pun sering dikunjungi oleh pengunjung baik dalam negeri maupun pengunjung dari luar negeri

Waktu yang tepat untuk datang ke Bukit Sikunir adalah ketika pagi hari sebelum matahari terbit sekitar bulan Juli s/d Agustus yang bertepatan dengan Musim Kemarau.

  • Gunung Prau Dieng
Repost Instagram @andreasrezza

Untuk datang ke Gunung Prau di sarankan ketika Musim Kemarau dikarenakan jalur pendakian yang kering dan memudahkan pengunjung untuk mendaki serta mempermudah mencari areal Camping Ground.

Gunung Prau juga menjadi tempat yang bagus untuk menikmati sunrise, selain itu Gunung Prau menjadi tempat Penerbangan Lampion di perayaan Festival Budaya Dieng yang diselenggarakan setiap tahun di bulan agustus.
        

  •  Telaga Pengilon
Repost Instagram @radiksa_a

Letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna Dieng, meskipun bersebelahan Telaga Pengilon memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna Dieng, Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak berwarna seperti Telaga Warna Dieng.

Telaga Pengilon menjadi tempat yang bagus bagi pengunjung pecinta fotografi karena pemandangan alamnya yang bagus dan dikelilingi bukit yang asri dan hijau alami.


  • Telaga Merdada Dieng
Repost Instagram @dikoarmando

Telaga ini salah satu telaga terluas yang ada di Dieng. Telaga ini berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jika dilihat dari ketinggian bentuk telaga ini seperti kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang digenangi air.

  • Candi Arjuna Dieng
Repost Instagram @haeefi


Disini sebenarnya tidak hanya Candi Arjuna saja, namun ada juga Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna diperkirakan dibangun  pada awal abad ke IX M. di Dieng masih banyak lagi candi lainnya yang masih terkubur dalam tanah atau rawa-rawa yang belum ditemukan.

  • Candi Bima Dieng
Repost Instagram @neyneny

Candi ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu candi yang wajib dikunjungi ketika datang ke Dieng,  candi ini terletak paling selatan di komplek percandian Dieng.

  • Dieng Plateau Theater
Repost Instagram @ikayulpratiwi

Berkonsepkan seperti bioskop, Dieng Plateau  Theater menayangkan Film Dokumenter yang berjudul Kahyangan Dieng Plateau dengan durasi berkisar 20 menit. Dengan begini pengunjung dapat lebih mengetahui seperti apa Dieng itu.

  • Batu Ratapan Angin
Repost Instagram @shashaamalia

Tempat ini berupa tebing diketinggian yang menghadap ke arah Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Dan pengunjung dapat menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari tempat ini.
Untuk mencapai tempat ini membutuhkan tenaga ekstra, namun semua ini akan terbayarkan dengan keindahan yang tersaji, Batu Ratapan Angin disebut juga Batu Pandang Dieng.

  • Jembatan Merah Putih
Repost Instagram @itiy_soedihrjo_0712

Jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan dua batu besar diantara dua bukit besar diatas Batu Ratapan Angin. Jembatan ini merupakan tempat wisata baru yang dibangun pada tanggal 4 Mei 2016 lalu.

Yang menjadi keunikan Jembatan Merah Putih ini adalah terdapat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon disisi jembatan. Suasana hijau dan pemandangan indah akan membuat anda merasa nyaman dan ingin berlama lama disini

  • Sumur Jalatunda Dieng
Repost Instagram @tati.variati

Sumur yang berdiameter 90 meter ini terbentuk karena adanya fenomena geologi akibat letusan Gunung Berapi jutaan tahun yang lalu bekas letusan ini kemudian membentuk lubang seperti sumur dan seiring berjalannya waktu sumur ini terisi air

Sumur Jalatunda berada di tempat yang sedikit tersembunyi dan pengunjung harus mendaki 257 buah anak tangga untuk sampai di sini.

Selain itu masih banyak lagi Wisata di Dieng lainnya. Dieng juga mengadakan Festival Budaya tiap tahunnya (Dieng Culture Festival) ada Pemotongan Rambut Gimbal, Parade Budaya, Festival Jazz, Penerbangan Lampion dan lain lain.


Penasaran dengan Negeri Para Dewa ini ? Ayo datang ke Banjarnegara dan nikmati keindahan Negeri Para Dewa, Dataran Tinggi Diengbersama keluarga, teman atau saudara. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara
Previous
Next Post »
Thanks for your comment